Sabtu, 27 Maret 2010

Tugas Metode Ilmiah

Nama : M a k w i n

Stambuk : I1A1 07 074

Prodi : M.S.P

PENGARUH RENDAHNYA KETERSEDIAN FASILITAS PENDIDIKAN TERHADAP MINAT BELAJAR ANAK-ANAK PESISIR

  1. MENENTUKAN VARIABEL-VERIABEL YANG TERPAKAI DALAM PENELITIAN

Variabel bebas : fasilitas pendidikan

Variabel tidak bebas : minat belajar

  1. MENJABARKAN VARIABEL MENJADI SUB-VARIABEL

Sub-Variabel Bebas :

Ø Gedung sekolah

Ø Fasilitas belajar-mengajar

  1. MENJABARKAN SUB-VARIABEL MENJADI INDIKATOR-INDIKATOR

Indikator-indikator dari sub-variabel :

Ø Gedung belajar

Ø Buku

  1. MENJABARKAN INDIKATOR-INDIKATOR MENJADI SUB-INDIKATOR

Sub-indikator dari indikator-indikator :

Ø Gedung kelas

Ø Buku ajar

  1. KOMPONEN SUB-INDIKATOR DIJADIKAN SEBAGAI BUTIR-BUTIR PERTANYAAN

Ø Apa yang dimaksud dengan fasilitas belajar ?

Ø Apa yang dimaksud dengan gedung belajar ?

Ø bagaimana kelayakan gedung kelas untuk dijadikan sebagai gedung belajar ?

Ø Bagaimana suasana dalam kelas untuk mendukung proses belajar-mengajar ?

Ø Bagaiamana kelengkapan buku ajar dalam mendukung proses belajar-mengajar ?

CONTOH

Seorang peneliti akan meneliti tentang kualitas belajar siswa serta kaitannya dengan pengaruh-pengaruh, dukungan orang tua serta fasilitas pendidikan.

Ø variabel terikat : kualitas belajar

Ø variabel bebas : dukungan orang tua dan keluarga, serta fasilitas pendidikan

UNTUK CONTOH KASUS DAPAT DIBUAT SUB-VARIABEL

Ø Peran guru

Ø Suasana di kelas

Ø Pemberian tugas

Ø Proses belajar-mengajar

Ø Penilaian hasil belajar

v KOMPONEN DUKUNGAN ORNG TUA

Ø Kontrol belajar

Ø Kecukupan materi dan mental spiritual

Ø Alat-alat pembelajaran

v KOMPONEN FASILITAS PENDIDIKAN

Ø Perpustakaan

Ø Labortorium

Ø Buku ajar

v DAFTAR DESKRIPTOR :

· Kepuasan siswa tentang peran guru

· Kepuasan siswa tentang suasana kelas

· Kepuasan siswa tentang pemberian tugas

· Kepuasan siswa tentang penilaian hasil belajar

· Peran orang tua dalam mengontrol belajar

· Peran orang tua dalam pengadaan alat-alat pembelajaran

· Fasilitas perpustakaan

· Fasilitas laboratorium

· Ketersediaan buku ajar

PEMBUATAN KUESIONER

Identitas peneliti :

Nama : SRIMULYANI

Mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Jurusan Perikanan Universitas Haluoleo

cara pengisian kuesioner mengisi isian kolom yang telah disediakan.

No

Pertanyaan-pertanyaan

Isian jawaban

1.

Menurut anda apa yang dimaksud dengan pendidikan ?

………………………………………..

……………………………………….

2.

menurut anda apa yang dimaksud dengan fasilitas pendidikan ?

………..….………………………….

……………………………………….

3.

Apa yang dimaksud dengan gedung belajar ?

……………………………………….

……………………………………….

4.

bagaimana kelayakan gedung kelas untuk dijadikan sebagai gedung belajar ?

……………………………………….

………………………………………

5.

Bagaimana suasana dalam kelas untuk mendukung proses belajar-mengajar ?

………………………………….……

……………………………………….

6.

Bagaiamana kelengkapan buku ajar dalam mendukung proses belajar-mengajar ?

………………………………………

………………………………………

7.

bagaimana cara guru memberikan penjelasan tentang materi yang da dalam buku ajar ?

…………………………………………

…….……..…………………………….

8.

Bagaimana peran guru dalam kelas ?

……………………………………….

……….………………………………

9.

Bagaimana kelancaran proses belajar-mengajar dalam kelas ?

………………………………………..………………………………………..

10.

Bagaimana peran orang tua dalam mengontrol belajar siswa ?

…..……………………………………

....……………………………………..

11.

Bagaimana kelengkapan fasilitas pendidikan yang diberikan ?

………………………………………..

………………………………………..

0 komentar: