Nama : M a k w i n
Stambuk : I1A1 07 074
Prodi : M.S.P
PENGARUH RENDAHNYA KETERSEDIAN FASILITAS PENDIDIKAN TERHADAP MINAT BELAJAR ANAK-ANAK PESISIR
- MENENTUKAN VARIABEL-VERIABEL YANG TERPAKAI DALAM PENELITIAN
Variabel bebas : fasilitas pendidikan
Variabel tidak bebas : minat belajar
- MENJABARKAN VARIABEL MENJADI SUB-VARIABEL
Sub-Variabel Bebas :
Ø Gedung sekolah
Ø Fasilitas belajar-mengajar
- MENJABARKAN SUB-VARIABEL MENJADI INDIKATOR-INDIKATOR
Indikator-indikator dari sub-variabel :
Ø Gedung belajar
Ø Buku
- MENJABARKAN INDIKATOR-INDIKATOR MENJADI SUB-INDIKATOR
Sub-indikator dari indikator-indikator :
Ø Gedung kelas
Ø Buku ajar
- KOMPONEN SUB-INDIKATOR DIJADIKAN SEBAGAI BUTIR-BUTIR PERTANYAAN
Ø Apa yang dimaksud dengan fasilitas belajar ?
Ø Apa yang dimaksud dengan gedung belajar ?
Ø bagaimana kelayakan gedung kelas untuk dijadikan sebagai gedung belajar ?
Ø Bagaimana suasana dalam kelas untuk mendukung proses belajar-mengajar ?
Ø Bagaiamana kelengkapan buku ajar dalam mendukung proses belajar-mengajar ?
CONTOH
Seorang peneliti akan meneliti tentang kualitas belajar siswa serta kaitannya dengan pengaruh-pengaruh, dukungan orang tua serta fasilitas pendidikan.
Ø variabel terikat : kualitas belajar
Ø variabel bebas : dukungan orang tua dan keluarga, serta fasilitas pendidikan
UNTUK CONTOH KASUS DAPAT DIBUAT SUB-VARIABEL
Ø Peran guru
Ø Suasana di kelas
Ø Pemberian tugas
Ø Proses belajar-mengajar
Ø Penilaian hasil belajar
v KOMPONEN DUKUNGAN ORNG TUA
Ø Kontrol belajar
Ø Kecukupan materi dan mental spiritual
Ø Alat-alat pembelajaran
v KOMPONEN FASILITAS PENDIDIKAN
Ø Perpustakaan
Ø Labortorium
Ø Buku ajar
v DAFTAR DESKRIPTOR :
· Kepuasan siswa tentang peran guru
· Kepuasan siswa tentang suasana kelas
· Kepuasan siswa tentang pemberian tugas
· Kepuasan siswa tentang penilaian hasil belajar
· Peran orang tua dalam mengontrol belajar
· Peran orang tua dalam pengadaan alat-alat pembelajaran
· Fasilitas perpustakaan
· Fasilitas laboratorium
· Ketersediaan buku ajar
PEMBUATAN KUESIONER
Identitas peneliti :
Nama : SRIMULYANI
Mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Jurusan Perikanan Universitas Haluoleo
cara pengisian kuesioner mengisi isian kolom yang telah disediakan.
No | Pertanyaan-pertanyaan | Isian jawaban |
1. | Menurut anda apa yang dimaksud dengan pendidikan ? | ……………………………………….. ………………………………………. |
2. | menurut anda apa yang dimaksud dengan fasilitas pendidikan ? | ………..….…………………………. ………………………………………. |
3. | Apa yang dimaksud dengan gedung belajar ? | ………………………………………. ………………………………………. |
4. | bagaimana kelayakan gedung kelas untuk dijadikan sebagai gedung belajar ? | ………………………………………. ……………………………………… |
5. | Bagaimana suasana dalam kelas untuk mendukung proses belajar-mengajar ? | ………………………………….…… ………………………………………. |
6. | Bagaiamana kelengkapan buku ajar dalam mendukung proses belajar-mengajar ? | ……………………………………… ……………………………………… |
7. | bagaimana cara guru memberikan penjelasan tentang materi yang da dalam buku ajar ? | ………………………………………… …….……..……………………………. |
8. | Bagaimana peran guru dalam kelas ? | ………………………………………. ……….……………………………… |
9. | Bagaimana kelancaran proses belajar-mengajar dalam kelas ? | ………………………………………..……………………………………….. |
10. | Bagaimana peran orang tua dalam mengontrol belajar siswa ? | …..…………………………………… ....…………………………………….. |
11. | Bagaimana kelengkapan fasilitas pendidikan yang diberikan ? | ……………………………………….. ……………………………………….. |
0 komentar:
Posting Komentar